pemodal besar

5 Tahun lalu dunia online masih terasa tenang, nyaman dan damai seperti nikmatnya suasana dipedesaan, karena masih didominasi oleh usaha kecil dan menengah yang tidak memiliki modal banyak untuk beriklan di media seperti televisi, radio, koran sehingga rata-rata mengandalkan teknik SEO (Search Egine Optimization) dalam mencari pasar, dan ini sangat seru.

Namun kini, ketika para pemodal besar mulai melirik dan terjun kedunia online, dan yang mereka lakukan adalah melakukan branding besar-besaran melalui media TV, jor-joran dan habis-habisan.

Akibatnya para pengusaha kecil yang selama ini gerilya berdagang di internet dilibas habis oleh branding mereka. Toko-toko online yang mengandalkan penjual dari internet menggunakan teknik SEO satu persatu mulai berguguran kehabisan nafas hingga kehilangan nafas.

Memang tidak ada yang salah apa yang dilakukan para pemodal besar dalam menjalankan strategi bisnisnya, menurut saya ada 2 cara jika ingin mereka tetap hidup bersama (antar pengusaha kecil, menengah dan atas), yaitu pemerintah meregulasi atas persaingan pengusahan kecil, menengah dan atas atau pengusaha kecil harus memiliki strategi kreatif yang full power untuk bersaing dengan yang besar.

Mengapa regulasi persaingan usaha harus diatur ? yah, ini sudah gak usah ditanyakan lagi seharusnya, analogi sederhananya saja, Bagaimana caranya agar Manny Pacquiao menang melawan Mike Tyson di ring tinju ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *